PESAWAT ANGKAT DAN ANGKUT
Pesawat angkut dan angkat adalah pesawat atau alat yang digunakan untuk mengangkat atau memindahkan sebuah barang dengan jarak, besar dan berat tertentu yang sulit untuk dilakukan ataupun tidak mungkin dilakukan dengan tenaga manusia. Pesawat pengangkat juga dapat diartikan sebagai kelompok mesin yang bekerja secara periodik yang didesain alat pengangkat dan pemindah muatan yang dapat digantungkan secara bebas atau diikat pada crean.
Pesawat pengangkut dapat dipisahkan menjadi tiga sesuai cara pengangkutannya :
• Hydraulic Handling Device
Cara pengangkutan dengan menggunakan media berupa cairan atau liquid sebagai media pengangkutan.
• Pneumatic Handling Device
Cara pengangkutan dengan menggunakan media berupa udara, gas sebagai sarana pengangkutannya
• Mechanical Conveyor

Pesawat angkat dan angkut memiliki banyak jenis sesuai dengan keadaan dan kegunaannya antara lain:
A. Belt Conveyor
Fungsi belt conveyor adalah untuk mengangkut berupa unti atau curah dengan kapasitas yang cukup besar, dan sesuai dengan namanya maka media yang digunakan berupa ban.
Konstruksi dari belt conveyor adalah :
1. Konstruksi arah pangangkutan horizontal
2. Konstruksi arah pengangkutan diagonal atau miring
3. Konstruksi arah pengangkutan horizontal dan diagonal


B. Sangkar
Sangkar adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengangkut penumpang maupun barang. pada setiap konstruksi maupun perencanaan sebuah sangkar yang harus diperhatikan adalah :
1. Beban angkat yang dibutuhkan pada perencanaan
2. Dimensi maksimum orang yang akan memenuhi perencanaan sangkar.
3. Tinggi bangunan yang direncanakan.
4. Bahan kerangka sangkar.
C. Overhead travelling
Overhead travelling crane merupakan salah satu jenis kran, yang berupa jembatan melintang diatas kepala yang umumnya terbuat konstruksi rangka batang yang ditutup atau dilapis plat baja. Mekanisme ini sering disebut troli yang juga dilengkapi dengan alat-alat hingga sedemikian rupa untuk menghasilkan beberapa gerakan antara lain pengangkatan benda (hoisting sistem) dan jalan melintang pada jembatan.
D. Konveyor
Jenis konveyor yang paling tepat untuk mengangkut bahan padat berbentuk halus atau bubur adalah konveyor sekrup (screw conveyor)Alat ini pada dasarnya terbuat dari pisau yang berpilin mengelilingi suatu sumbu sehingga bentuknya mirip sekrup. Pisau berpilin ini disebut flight.
Macam-macam flight adalah:
• Sectional flight
• Helicoid flight
• Special flight

E. Elevator
Elevator atau sering disebut dengan lift merupakan salah satu jenis pesawat pengangkat yang berfungsi untuk membawa barang maupun penumpang dari suatu tempat yang rendah ketempat yang lebih tinggi ataupun sebaliknya. Adapun jenis mesin lift dibagi menjadi dua yaitu mesin lift penumpang dan lift barang. Gerak kerja dari mesin lift ini adalah dengan cara menaik turunkan sangkar pada sebuah lorong lift dimana gerakannya berasal dari putaran motor listrik.
F. Kran menara (Tower crane)
Kran menara (Tower crane) merupakan salah satu jenis pesawat pengangkat yang sering kali digunakan, yang fungsinya selain mengangkat juga mengangkut material atau muatan. Jenis pesawat pengangkat ini sering dipakai oleh kontraktor bangunan gedung-gedung bertingkat, pada pelabuhan, dan sebagianya.

About these ads