Sebuah Masjid di Perancis Timur Dibakar Orang Tak Dikenal

Aksi penyerangan terhadap Islam kembali terjadi di Perancis. Pada hari Senin kemarin (18/10) sebuah masjid di Hajno Perancis Timur telah dibakar oleh orang tak dikenal yang menyebabkan kerugian material akibat pembakaran tersebut.
Kepala Dewan Regional agama Islam Perancis, Idris Ashour menyatakan bahwa kebakaran yang di sengaja tersebut terjadi pada Senin dini hari dan menyebabkan pintu masuk depan masjid hancur rusak karena terbakar.
Ashour menambahkan bahwa bahwa dirinya baru mengetahui ada pembakaran itu setelah diberitahu oleh pihak organisasi pertahanan sipil yang datang ke lokasi untuk memadamkan api, seperti dilaporkan kantor berita MENA.
Sementara itu, Dewan regional Islam Perancis menyatakan kecaman atas insiden ini dan menyerukan umat Islam di wilayah tersebut untuk berhati-hati dan tetap menjaga solidaritas untuk melawan ideologi kebencian dan tidak menyerah untuk setiap intimidasi dan agitasi yang dilakukan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.
Banyak tempat-tempat iSebuah Masjid di Perancis Timur Dibakar Orang Tak Dikenal
badah, pemakaman muslim dan toko-toko yang menjual produk-produk halal di daerah ini menjadi sasaran serangan rasis dan permusuhan beberapa kali sejak awal tahun ini.
Dan banyak Muslim Perancis telah menjadi target serangan kebencian, di tengah keprihatinan adanya stigma “terorisme” terhadap umat Islam dan termasuk adanya pelarangan cadar yang baru-baru ini disahkan oleh parlemen Perancis.(fq/imo)

Pangeran Walid Bin Talal Tidak Setuju Adanya Masjid Di Titik Nol
Pangeran Walid bin Talal dari Arab Saudi adalah pemegang saham News Corporation terbesar kedua. News Corporation di antaranya membawahi Fox News. Ia memiliki saham bernilai lebih dari $ 2 milyar pada perusahaan induknya.
Namun dengarlah komentar Pangeran Walid bahwa ia sebenarnya menentang pusat Islam dibangun di pusat kota Manhattan, begitu seperti yang dituis The New York Times.
“Saya telah dikaitkan dengan masjid di New York, tapi terus terang, saya tidak ada hubungannya dengan hal itu,” katanya dalam sebuah wawancara. “Saya tidak akan membangun masjid di sana.”
Sang pangeran berkata: “Lucu, seperti lelucon. Saya menganggap hal-hal seperti itu mudah saja.”
Dia telah lama menjadi investor di News Corporation dan pendukung Rupert Murdoch. Beberapa tahun yang lalu, ia meningkatkan kepemilikannya di perusahaan itu untuk menunjukkan dukungan kepada Murdoch, yang memegang saham terbesar, tetapi ketika itu tengah menghadapi tantangan dari John C. Malone, seorang mogul media.
Tahun ini, hubungan itu disemen dengan cara baru: Murdoch menginvestasikan sekitar $ 70 juta di perusahaan media Walid, Rotana.
“Hubungan saya dengan Rupert kembali seperti 20 tahun yang lalu,” kata Pangeran Walid

Akhirnya, Iran Bersekutu Dengan Amerika Soal Afghanistan

Akhirnya, Iran dengan terang-terangan bersekutu juga dengan AS, NATO, Uni Eropa dan PBB untuk membicarakan Afghanistan.
Negeri yang dipimpin oleh Mahmoud Ahmadinejad—dikenal sangat vokal dalam menyumpahi Amerika—itu bergabung dalam pertemuan tingkat tinggi di Roma, Italia pada Senin (18/10).
Tanggapan Amerika? Sama sekali tidak masalah.
“Kami ditanya apakah kami punya masalah dengan keterlibatan Iran, dan kami katakan ‘Tidak,'” kata Holbrooke, wakil khusus AS untuk Afghanistan dan Pakistan.
“Kami menyadari bahwa Iran memiliki peran dalam penyelesaian situasi damai di Afghanistan. Jadi Amerika Serikat tidak ada masalah dengan keterlibatan mereka. ”
Iran juga mengirim utusan khusus untuk Afghanistan dan Pakistan, Mohammed Ali Ghanazadeh. Selain dari Iran, 10 negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) juga diundang. (sa/wb)

Syawal Sudah Kelar, Perkawinan Tetap Digelar
Masih ingat dengan lagunya Bang Ben (Almarhum) dan Ida Royani yang salah satu baitnya seperti ini?
Eh ujan gerimis aje
Ikan bawal diasinin
Eh jangan menangis aje
Bulan syawal mau dikawinin
……
Bulan Syawal memang sudah lewat beberapa hari yang lalu. Tapi yang namanya perkawinan atau pernikahan tidak selalu dilakukan di bulan Syawal. Buktinya, tanggal sepuluh kemarin yang dalam kalender Hijriyah sudah jatuh pada hari kedua bulan Dzulqa’idah jumlah akad nikah atau pun resepsi pernikahan cukup banyak dilakukan.
Jika saya hanya mendapat satu buah undangan pernikahan saja, lain lagi dengan ibu saya. Beliau setidaknya ada tiga atau empat undangan pernikahan, sehingga tidak sempat ketika saya minta ditemani untuk bersilaturahim ke rumah encing saya di Kebon Jeruk. begitu pun ketika saya tiba di rumah encing saya, istri beliau sedang pergi kondangan ke beberapa tempat. Pun tak jauh dari tempat saya menghadiri undangan, sebuah tenda biru sudah terpasang untuk pesta pernikahan di hari berikutnya. Bahkan dari hasil investigasi seorang rekan MP, di sepanjang jalan Jakarta – Bekasi, setidaknya ada 35 buah janur kuning melengkung. Subhanallah.
Hari Minggu kemarin mungkin adalah hari dengan tanggal yang unik, tanggal sepuluh, bulan sepuluh, tahun 2010, jadilah 10-10-10. Maka tak heran jika pada hari tersebut banyak yang melakukan akad nikah plu resepsi. Entah karena uniknya, entah agar mudah diingat, entah pula karena rezeki yang Allah berikan memang jatuh pada tanggal itu. Namun jangan juga terlalu dipaksakan untuk melakukan akad nikah atau pun resepsi pada tanggal yang serupa, sebab bisa jadi bukan gembira yang diraih tapi kecewa yang diterima. Seperti sebuah berita yang saya terima bahwa sepasang sejoli tidak bisa melaksanakan akad nikah pada 10-10-10 pukul 10 lewat 10, karena penghulunya terlambat datang.
Jadi, bukan tanggal dan harinya. Allah tidak menciptakan hari dan tanggal yang buruk. Islam pun tidak mengenal hari dan tanggal baik atau hari dan tanggal buruk. Apapun harinya, berarapun tanggalnya, yang penting akad nikahnya tetap sah. Aamiin.
Untuk para pasangan pengantin baru, kukirimkan doa ini, di manapun kalian berada.
بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ
“Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan atasmu serta mengum-pulkan kamu berdua (pengantin laki-laki dan perempuan) dalam kebaikan.” (HR. Penyusun-penyusun kitab Sunan, kecuali An-Nasai dan lihat Shahih At-Tirmidzi 1/316)
Sebuah puisi pun kuhadirkan untuk kalian…
dua insan melepas rindu
yang terpendam kian menggebu
peluk erat dan cium mesra
setelah sekian lama memupuk rasa
duduk berdamping tanpa penghalang
setelah sekian jauh terpisah ruang
dua hati memadu jiwa
setelah disaksikan puluhan pasang mata
genggam erat jemari tangan
lepeas sedetik pun semoga jangan
berharap turun segala keberkahan
berharap gugur segala dosa kesalahan
dua sejoli berkasih mesra
di pelaminan duduk berdua
dua pasang mata beradu pandang
menyelama lautan rasa bertepi karang
berjumpa gundah diharap jauh terbang
bersua indah diharap tak kan hilang
dua insan saling memuji
bukan berarti tiada cela dimiliki
mengagung hati, jiwa, dan raga
berharap dalam kekekalan bersama
dua insan merajut asa
meski yang dihadapi tak selalu indah pesona
onak duri adakala menyertai
semoga semua bisa dihadapi
dua insan memohon restu
dari kerabat, sahabat, serta tetamu
agar pernikahan dipenuhi keberkahan
agar terwujud keluarga samara yang didambakan
Pembawa Acara Fox News Minta Maaf Setelah Katakan Semua Teroris Muslim
Pembawa acara pada saluran televisi Fox News Channel, Brian Kilmeade meminta maaf karena pada waktu siaran mengatakan bahwa “semua teroris adalah Muslim.”
Kilmeade, pembawa acara pada program acara pagi “Fox & Friends”, Senin kemarin mengatakan (18/10) bahwa ia salah bicara pada Jumat lalu ketika ia dan rekan-rekannya sedang mendiskusikan penampilan Bill O’Reilly pada program “The View” pekan lalu.
O’Reilly mengatakan “Muslim membunuh kita pada 9/11” dan tamu pada acara “The View” waktu itu Joy Behar dan Whoopi Goldberg sempat keluar dari acara tersebut sebagai aksi protes. Mereka baru mau kembali setelah O’Reilly meminta maaf dan setelah ditegur oleh rekannya Barbara Walters.
Kilmeade mengatakan pada waktu itu “tidak semua Muslim adalah teroris, tetapi semua teroris adalah Muslim.”
Pada hari Senin kemarin, Kilmeade mengatakan pada saluran televisi Fox bahwa “Saya tidak percaya semua teroris adalah Muslim dan saya minta maaf. Saya minta maaf jika perkataan telah membuat umat muslim tersinggung… atau telah menyakiti perasaan siapa pun. ”
Muslim Cina Mulai Berangkat Haji
Sebagai bagian dari upaya mengisi rohani mereka, ribuan jamaah haji asal Cina hari Senin kemarin 18 Oktober mulai berangkat ke tanah suci. Dan pemerintah di Beijing telah berjanji untuk memfasilitasi ibadah haji bagi kaum muslimin yang ada di Cina.
“Banyak dari mereka berasal dari daerah pedesaan yang terpencil dan dalam mengalami kekurangan dalam perjalanan ini,” kata Ma Youcheng, wakil kepala Asosiasi Islam di propinsi Lanzhou, mengatakan kepada kantor berita Xinhua.
Youcheng akan menemani perjalanan pertama Muslim Cina ke kota suci Makkah dengan 332 jamaah yang akan lepas landas dari bandara Zhongchuan di Lanzhou, Ibukota barat laut Gansu.
Ini adalah untuk pertama kalinya penerbangan langsung dari bandara Zhongchuan ke Makkah yang ditawarkan kepada muslim Cina.
Penerbangan lainnya menuju Mekkah lepas landas pada hari Senin di bandara yang ada di kota Beijing, Urumqi Urumqi, Yinchuan, dan Kunming.
Menjelang keberangkatan mereka ke tanah Saudi, pemerintah Cina juga menawarkan pemeriksaan kesehatan bagi para jamaah haji.
Pelatihan manasik haji juga ditawarkan untuk mendidik muslim Cina tentang perjalanan rohani mereka dan apa yang diharapkan ketika mereka tiba tanah suci.
“Banyak dari mereka [jamaah haji], keahlian mereka dalam bahasa Arab terbatas hanya dalam membaca Alquran,” kata Youcheng.
“Mereka kebanyakan tidak bisa berkomunikasi.”
Jamaah haji asal Cina memuji upaya pemerintah untuk memfasilitasi perjalanan haji mereka.
“Saya senang mereka mengatakan kepada saya apa yang harus dikemas dan apa yang tidak boleh dilakukan di negara-negara asing,” kata He Jingxiang 61 tahun, seorang etnis Hui yang meninggalkan provinsi tempat asalnya untuk pertama kalinya.
Selain itu, penerbangan langsung dari kota-kota mereka ke Mekkah, ditawarkan untuk pertama kalinya, dan hal ini sangat menghemat waktu dan biaya bagi banyak Muslim Cina
Sebuah perjalanan langsung dari Lanzhou ke kota suci Mekkah bisa menghemat biasa hingga 5.000 yuan (753 dollar), kata Ma Fenglin, yang mengantarkan ibunya yang berusia 69 tahun ke bandara Zhongchuan.
“Di masa lalu, para jamaah haji harus pergi ke Beijing untuk melakukan penerbangan ke kota suci, dan ini menelan biaya yang mahal dan melelahkan bagi muslimah yang sudah tua seperti ibu saya,” kata Fenglin.
“Sekarang biaya rata-rata untuk haji turun hingga 40.000 yuan (6.000 dolar),” tambahnya.
Ada sekitar 13.000 Muslim Cina yang akan menunaikan ibadah haji pada tahun ini.
Menurut data resmi, Cina memiliki 20 juta umat Muslim, kebanyakan mereka terkonsentrasi di Xinjiang, Ningxia, Gansu, dan wilayah propinsi Qinghai. Komunitas kecil Muslim juga dapat ditemukan di seluruh wilayah Cina.
Data tidak resmi darikelompok Muslim Cina mengatakan jumlah mereka bahkan lebih tinggi, bahkan ada yang menyatakan terdapat sekitar 65-100 juta Muslim di Cina. Sekitar 7,5 persen dari populasi total penduduk Cina.(onmuslim)
Empat Warga Chechnya Naik Haji Dengan Berjalan Kaki
Empat peziarah asal Chechnya akan melakukan perjalanan haji tahun ini, uniknya keempat warga Chechnya ini berangkat untuk menunaikan ibadah haji tidak menggunakan sarana transportasi yang ada, keempat orang ini memutuskan untuk berjalan kaki dan melalui ribuan mil untuk menuju Baitullah.
Menurut berita yang dilaporkan oleh surat kabar Al-Riyadh Arab Saudi, empat orang calon jamaah haji asal Chechnya ini telah meninggalkan ibukota Yordania Amman dalam perjalanan mereka menuju pelabuhan Ammar, Saudi Arabia, Tabuk dan kemudian menuju ke tempat-tempat suci yang ada di Mekkah dan Madinah.
Raiova Jibril dan rekan-rekannya Altmirov Haran, Vitaiova Fakhrudin dan Xiaoyova Isamard menyatakan mereka sangat bahagia bahwa Allah telah mengabulkan keinginan mereka untuk bisa shalat di dua Masjid Suci, dan mereka bisa menuju ke tempat-tempat suci yang ada di sana.
Jibril menyatakan bahwa mereka berangkat pada tanggal 16/7 lalu dari Republik Chechnya, melalui Azerbaijan, Iran, Turki dan Suriah, dan tiba beberapa hari lalu di Yordania dengan berjalan kaki dengan maksud untuk melakukan ibadah haji tahun ini.
“Kami datang dari jarak sejauh 3400 km, dan kami berhenti berjalan hanya untuk beristirahat mencuci pakaian, makan dan melakukan shalat,” kata Jibril menambahkan.
Jibril menjelaskan bahwa mereka memiliki satu sepeda yang dipakai secara bergantian satu sama lain, dan sepeda tersebut juga digunakan untuk membawa pakaian, tenda untuk tidur, alat untuk makan dan membawa air mereka.
Aksi empat warga Chechnya yang berusaha naik haji dengan berjalan kaki, sebenarnya bukan kali pertama sebelumnya pada tahun lalu seorang warga Chechnya lainya bernama Abu Bakar juga telah menempuh perjalanan ribuan mil untuk menunaikan ibadah haji dengan berjalan kaki.(fq/aby)

NATO : Usamah dan Ayman Berada di Pakistan
Usamah bin Ladin dan wakilnya Ayman al-Zawahiri diyakini bersembunyi saling berdekatan di rumah-rumah yang ada di barat laut Pakistan, hal ini diungkapkan seorang pejabat senior NATO.
“Tak seorang pun anggota al-Qaidah tinggal di gua,” kata pejabat itu, yang menolak disebutkan namanya, karena alasan keamanan. Sebaliknya, pemimpin puncak al-Qaidah diyakini tinggal relatif nyaman, dan dilindungi oleh penduduk setempat, serta beberapa anggota badan intelijen Pakistan, kata pejabat itu. Meskipun, Pakistan telah berulang kali membantah melindungi pemimpin al-Qaidah.
Pejabat itu mengatakan bahwa wilayah umum di mana bin Ladin kemungkinan berada telah pindah dalam rentang beberapa tahun terakhir dari daerah pegunungan Chitral di ujung barat laut dekat perbatasan Cina, ke Lembah Kurram yang bertetangga dengan Tora Bora Afghanistan, salah satu benteng Taliban selama invasi AS pada tahun 2001.
Tora Bora juga merupakan wilayah di mana bin Laden diyakini lolos dalam serangan bom AS pada akhir 2001 lalu.Pejabat AS telah lama mengatakan tidak ada penampakan yang bisa dikonfirmasi tentang adanya bin Ladin atau Zawahiri selama beberapa tahun di wilayah tersebut.
Area yang resminya meliputi ratusan mil persegi dari beberapa daerah yang paling terjal di Pakistan dihuni oleh suku-suku yang sangat independen.
Pejabat itu juga menegaskan adanya penilaian AS bahwa Mullah Umar, pemimpin Taliban, telah bergerak di antara kota-kota Quetta dan Karachi di Pakistan selama beberapa bulan terakhir.
Pejabat itu tidak akan membahas bagaimana pasukan koalisi dapat mengetahui semua informasi ini, namun dirinya memiliki akses ke beberapa informasi yang paling sensitif dalam aliansi NATO.
Menteri Dalam Negeri Pakistan Rehman Malik mengatakan Senin ini (18/10) bahwa laporan serupa terkait adanya keberadaan Usamah bin Ladin dan Mullah Umar telah terbukti salah pada masa lalu.
Malik menyangkal adanya dua orang yang paling dicari tersebut berada di tanah Pakistan, namun mengatakan bahwa setiap informasi yang terkait dengan hal itu harusnya dibagi dengan pejabat Pakistan sehingga mereka dapat mengambil “tindakan segera” untuk menangkap kedua orang tersebut.
Pejabat NATO, yang memiliki tanggung jawab sehari-hari untuk perang Afghan, memberikan pandangan yang berpotensi suram daripada apa yang telah menjadi konsumsi publik yang diberikan oleh orang lain.
“Setiap tahun para pemberontak dapat menghasilkan anggota baru lebih banyak lagi,” meski telah ada serangan militer terhadap mereka, katanya.
Walaupun ada kemajuan dari sisi keamanan, ia menunjuk ke sebuah penilaian internal yang menyebutkan bahwa ada 500.000 sampai 1 juta pria antara usia 15 dan 25 tahun yang ‘tidak puas’ di sepanjang wilayah perbatasan Pakistan-Afghanistan, katanya.
Kebanyakan suku Pashtun Afghanistan yang merupakan 95 persen dari para pemberontak melakukan serangan hanya untuk mendapatkan uang, bukan berjuang untuk sebuah ideologi Taliban, katanya menambahkan.
Pejabat NATO tu mengatakan sekarang benar-benar penting bagi pemerintah Afghanistan untuk mengatasi kebutuhan pangan dan keamanan, cetusnya. Pembangunan ekonomi dan lapangan pekerjaan dalam rangka untuk mengakhiri perang itu sangat penting. “Kami kehabisan waktu,” katanya.
Pejabat NATO tu mengakui seluruh strategi sekarang adalah untuk meningkatkan serangan udara dan ofensif serangan darat dalam rangka meningkatkan tekanan terhadap Taliban dan kelompok pemberontak untuk maju ke meja perundingan dengan pemerintah Afghanistan saat ini.
Ada kemungkinan yang berkembang bahwa banyak pemimpin Taliban, bersedia untuk menerima perundingan, meskipun hal itu disangkal al-Qaidah. Tapi, pejabat itu memperingatkan, bahwa kelompok Taliban inti seperti Dewan Syura di Quetta oleh Mullah Umar, Haqqani, Hizbul Islami yang dipimpin oleh Gulbuddin Hekmatyar, dan Taliban Pakistan masih berpotensi bisa mengerahkan sebanyak 30.000 pejuang.
AS terus menghadapi perlawanan di wilayah Selatan. Di tempat-tempat seperti Marja dan Lembah Sungai Helmand, mayoritas para pejuang yang diambil dalam perang melawan pasukan NATO. Pemimpin Taliban Mullah Abdullah Zakir telah meningkatkan kekuatannya di selatan, kata pejabat itu. Dia memiliki kontrol dan pengaruh baik di wilayah Kandahar yang lebih besar dan di selatan dari Zabul ke provinsi Farah.
Sekarang, rencana perang AS yang telah disetujui oleh Presiden Barack Obama diperpanjang sampai dengan 2014, kata pejabat itu. Informasi itu berdasarkan dokumen resmi yang menyebutkan jadwal rotasi pasukan.
Militer AS bisa mempertahankan perang “‘tanpa batas waktu,” kata pejabat NATO tersebut. Tetapi tujuannya adalah untuk mencapai rekonsiliasi dan memungkinkan pemerintah Afghanistan untuk berfungsi dan memberikan keamanan. (m/cnn)
Pertempuran Senin Pagi Ini di Kunar Afghanistan Tewaskan 3 Pasukan NATO
Seorang juru bicara Taliban mengatakan bahwa pejuang mereka telah berhasil menewaskan tiga tentara pasukan NATO, setelah terjadinya bentrokan bersenjata pada Senin pagi ini (18/10), di distrik Kunar, Afghanistan timur dekat perbatasan dengan Pakistan.
Tewasnya kembali pasukan NATO ini muncul setelah adanya serangkaian serangan mujahidin Taliban terhadap pasukan pendudukan di Afghanistan, dan menurut Taliban sendiri mereka telah berhasilkan menewaskan sedikitnya lebih dari 20 tentara AS atau membuat puluhan lain terluka.
Seorang juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid menyatakan dan menegaskan bahwa pertempuran sengit yang terjadi Senin pagi di wilayah Kunar antara pejuang Taliban dan tentara pendudukan telah menewaskan tiga tentara pasukan pendudukan NATO.
Ia menyatakan bahwa selama terjadinya bentrokan, Taliban berhasil menghancurkan kendaraan lapis baja pasukan pendudukan NATO pimpinan AS, dan kendaraan lapis baja tersebut hancur sepenuhnya.
Belum ada pernyataan resmi dari pasukan pendudukan pimpinan AS di Afghanistan untuk mengkonfirmasi serangan tersebut atau jatuhnya korban jiwa dari tentara mereka, namun biasanya insiden seperti ini baru diumumkan setelah beberapa lama insiden terjadi.(fq/imo)
Politisi Anti Islam Jerman Nyatakan ‘Multikulturalisme’ Sudah Mati
Politisi negara bagian Bavaria Jerman Horst Seehofer kembali melanjutan serangan anti-imigrannya pada Jumat malam lalu, dalam sebuah acara sayap pemuda dari kaum konservatif Jerman, ia mengatakan kepada mereka bahwa “multikulturalisme sudah mati.”
“Kita sebagai persatuan Kristen Demokrat berdiri untuk budaya Jerman yang dominan dan menentang adanya multikulturalisme – karena multikulturalisme sudah mati,” katanya dalam acara tersebut, menurut laporan dari majalah berita Der Spiegel.
Berbicara pada pertemuan nasional Junge Union di Potsdam, Seehofer melakukan serangan rasis terbaru atas adanya gagasan Jerman harus menjadi sebuah negara imigrasi – menyusul seruan terakhirnya beberapa waktu lalu untuk menghentikan warga Turki dan Arab berimigrasi ke Jerman.
Mereka yang ingin tinggal di Jerman harus siap untuk menerima budaya sehari-hari negara Jerman, Seehofer menegaskan, meski tidak merinci bagaimana hal ini harus didefinisikan.
Dia mengatakan perdebatan saat ini pada integrasi para imigran dan imigrasi telah membuat orang Jerman merasa tidak nyaman dan takut.
Sebelumnya Seehofer dalam komentar rasisnya pernah mengatakan: “Hal ini sangat jelas bahwa imigran dari Turki dan negara-negara Arab menghadapi kesulitan untuk mengintegrasikan diri ke dalam masyarakat Jerman daripada imigran lainnya.”(fq/thelocal
Aleg Perancis: Kegalalan Inggris Larang Cadar, Membuka Pintu “Terorisme”
Arsitek pelarangan burqa di Perancis menuduh Inggris telah kalah dalam pertempuran melawan ekstremisme Islam karena gagal untuk memperkenalkan larangan terhadap burqa.
Jacques Myard, anggota senior partai UMP yang berkuasa di bawah kepemimpinan Presiden Nicolas Sarkozy, mengatakan kebijakan ‘santai’ Inggris telah membuka pintu untuk terorisme”. Dia menambahkan: “Mengizinkan perempuan untuk mengecualikan diri dari lingkungan masyarakat dengan mengenakan cadar membuat kelompok radikal menjadi sangat nyaman, dan Inggris harus menyadari hal ini.”
Myard membuat pernyataan blak-blakannya ini ke wartawan Inggris di Qatar- di mana ia membela negaranya yang baru-baru ini melarang pemakain cadar – di Yayasan Debat Qatar Doha, yang disiarkan oleh BBC akhir pekan ini.
Kata-katanya ini akan mengobarkan kembali ketegangan antara London dan Paris pada tahun kelima dari serangan pemboman 7/7 London, yang oleh Perancis secara tegas menyalahkan lemahnya kepolisian Inggris.
Mengacu pada insiden serangan tahun 2005 dimana 52 orang meninggal dan 107 orang mengalami luka-luka Myard menambahkan: “Inggris telah mengalami sejumlah kegagalan tingkat tinggi dalam memerangi ekstremisme dalam beberapa tahun terakhir. Ini sebenarnya dapat dicegah jika semua tanda-tanda ekstrimisme bisa diatasi,sebagaimana yang kami terapkan di Perancis.
Ketika ditanya apakah Inggris harus memperkenalkan larangan burqa juga, Myard menjawab: “Tentu saja – hal itu adalah penting untuk memastikan bahwa ekstremisme bisa dicegah.”
Meskipun memberikan pertahanan yang kuat terkait larangan burqa dalam debat di Qatar, Myard akhirnya kalah dalam Debat Doha yang berjudul ‘This House believes France is right to ban the face veil’. Ia dikalahkan oleh tim wartawan London, yang terdiri dari Mehdi Hassan dan Nabila Ramdani.
Sekitar 350 juta orang di 200 negara menonton perdebatan tersebut ketika disiarkan oleh saluran termasuk BBC World pada hari Sabtu dan Minggu kemarin. (fq/dailytelegraph)
Bom Pinggir Jalan Taliban Sebabkan Tentara Inggris Alami Kerusakan Otak
Ribuan tentara Inggris harus menghadapi risiko menderita gejala penyakit baru berupa kerusakan otak yang disebabkan oleh getaran yang dipancarkan dari bom berdaya ledak tinggi yang ditanam di pinggir jalan.

Surat kabar Inggris “Express” hari Ahad kemarin (17/10) melaporkan bahwa “adanya peningkatan pembuatan alat peledak improvisasi (IED) telah membunuh dan melukai ratusan tentara Inggris yang memerangi Taliban di Afghanistan.”
Surat kabar itu mengatakan hasil penelitian terbaru menemukan bahwa meskipun para tentara tersebut bisa selamat dari ledakan alat peledak improvisasi, namun mereka dapat terkena kerusakan di otak.

Express mencatat bahwa setiap tentara Inggris harus menghadapi antara 6 sampai 9 ledakan IED selama menjalani tugas mereka di Afghanistan.

Penelitian terbaru tersebut mengatakan: “30 persen dari tentara Inggris yang berperang di Irak dan Afghanistan menghadapi risiko gangguan neurologis akibat dari gelombang suara yang dipancarkan oleh ledakan bom pinggir jalan, dan ada lebih dari 65 ribu tentara Inggris harus menderita kerusakan otak traumatis, dibandingkan dengan lebih dari 220 ribu tentara Inggris yang bertugas di Irak atau Afghanistan sejak tahun 2001.”
Penelitian ini menambahkan: “Helm atau pelindung tubuh yang dipakai tentara untuk melindungi diri dari peluru ternyata tidak dapat melindungi mereka dari getaran-getaran yang disebabkan oleh bom pinggir jalan tersebut, yang di kemudian hari dapat menyebabkan, kebutaan, tuli, penuaan dini serta dapat menghancurkan sel-sel saraf yang tidak dapat diperbaharui.”
Penilitian terbaru ini mencatat bahwa ledakan alat peledak improvisasi yang ditanam di tepi jalan telah meningkat lima kali lipat di Afghanistan sejak tahun 2007, sementara jumlah kematian akibat bom tersebut meningkat lima kali lipat, dan jumlah tentara yang mengalami cedera yang mengakibatkan cacat akibat bom pinggir jalan, meningkatmenjadi delapan kali lipat dikalangan tentara Inggris.
Menurut surat kabar Express, seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan: “Kementerian saat ini sedang melakukan penelitian tentang cedera otak untuk meningkatkan teknik diagnostik lebih lanjut, dan mencari jalan pengobatan serta meningkatkan perlengkapan pelindung bagi tentara.”(fq/express)