Semakin kuat iman seseorang maka akan semakin ringan dan nikmat melakukan sholat. Bagaimana ia melakukan sholat fardhu ataupun sholat sunah rawatib, dan bagaimana pula kenikmatannya menjalnkan sholat lail
Sholat lail atau sholat malam merupakan sholat sunnah yang ditauldankan oleh nabi Muhammad SAW kepada umat – umatnya. Bila sholat fardhu gambaran penegakan hati terhadap-Nya, tetapi sholat ,sunah menjadi tujuan khusus kepada-Nya. Misalnya Sholat dhuha, sholat rawatib, dan sholat tahajjud.
Dan diantara sholat sunah yang amat dianjurkan oleh Rasulullah adalah sholat malam atau sholat tahajjud karena memiliki banyak sekali faedah dan manfaat di dalamnya.
Beberapa manfaat mengerjakan sholat malam adalah sebagai berikut :
1.Dapat menjernihkan fikiran dari urusan dunia.
2.Orang yang bangun tengah malam untuk sholat malam akan merasakan ketentraman dan serasa terlepas dari berbgai problematika, karena kasih saying Allah sangatlah besar sehingga ketika kita mendekatkan diri kepada-Nya kita akan merasakanketenangan dan ketentraman.
3.Menjadi tali pengikat dalam keluarga apabila dilakukan berjamaah
4.Mendapatkan hidayah dan barokah karena banyak malaikat turun ke bumi.
5.Di saat malam pintu – pintu ghaib kebenaran Allah terbuka yang merupakan jembatan atas ridho Allah.
6.Bila dilaksanakan secara istiqomah maka hati kita senantiasa terjaga.

Dalam melakukan sholat tahajjud atau qiyamullail disunahkan untuk melakukan beberapa hal berikut :
1.Berniat untuk melaksanakan sholat malam sebelum tidur, sehingga apabila ia tertidur sampai pagi dam melewatkan sholat malam maka akan dicatat sebagai sadaqah.
2.Mandi dan menggosok gigi atau bersiwak setelah bangun tidur dan melakukan rukun sholat seperti berwudhu agar terbebeas dari hadast.
3.Berusaha menghapus kantuk setelah bangun dan membaca do’a berikut :

4.Mulailah shalatullail dengan dua rakaat ringan, kemudian rakaat setelahnya berapa rakaat saja.
5.Bagi suami atau istri yang hendakmengerjakan sholat tahajjud hendaknya membangunkan dahulu istri atau suami mereka untuk melakukan sholat berjamaah.
6.Hindarilah sholat saat masih mengentuk karena konsentrasi kita terkalahkan oleh rasa kantuk maka akan mengganggu dari kekhusukan dari sholat tersebut. Hal ini dapat menghilangkan manfaat dari sholat malam tersebut.
7.Jangan memaksakan diri untuk menjalankannya bila dirasa fisik kita tidak mampukita sebaiknya meninggalkannya dahulu.

Banyak kehidupan ghaib yang kasat mata yang sering tidak kita sadari, itu dikarenakan kurangnya kepekaan kita dalam menalar dan menelaah segala yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Bagi orang- orang yang ingin belajar ilmu ghaib diawali dengan pengkajian hal – hal nyata dang kemudian ditarik kesimpulan dengan misteri dan sudut pandang ghaib.
Bila anda percaya, dalam belajar tentang ilmu ghaib tidak perlu belajar terlalu jauh seperti melihat khodam (jin) atau melakuka koneksi dengan mereka. Melainkan mulai mempelajari seekor kucing. Hal itu dapat dibuktikan dengan pandai pandai menggunakan kecerdasan fikiran dan cerdas dalam membaca kehidupan batin.

Bila anda mengalami suatu kejadian dimana seekor kucing memotong jalan anda atau bahkan tertabrak, sebaiknya anda berhati hati atau menghentikan perjalanan anda. Mungkin hal itu merupakan hal biasa yang sering terjadi, namun sebaiknya kita mawas diri karena sebenarnya kucing tersebut merupakan sebuah pertannda akan suatu sandungan atau halangan yang akan kita hadapi.
Apabila anda mendapati seekor kucing memotong perjalanan anda ada baiknya anda melakukan beberapa hal berikut ini.
1. Memperbanyak istighfar kepada Allah agar kita diberikan kemudahan dan keselamatan
2.Apabila anda menebrak kucing tersebut hingga terluka atau mati, hentikan perjalanan anda utuk mengurusi kucing tersebut.
3.Apabila hati anda merasa tidak nyaman, sebaiknya anda membatalkan perjalanan
4.Atau anda bisa berbalik arah atau mencari jalan lain dalam menempuh perjalanan.
5.Apabila anda mengalaminya anda harus bersyukur karena Allah telah memperingatkan kita dari gangguan dan halangan.