BAB I
PENDAHULUAN

1.1Latar belakang
Kami menyusun karya tulis ini karena kami terinspirasi terhadap bunga melati yang semakin terkenal akan keistimewaannya. Dan karya tulis ini kami susun agar kita semua termotivasi untuk tetap melestarikannya.
Saat ini banyak jenis tanaman termasuk jenis bunga yang memiliki banyak sekali kegunaan yang sangat penting seperti halnya melati yang banyak terdapat disekitar kita namun masih sangat minim dalam pengolahannya. Krena alasan itulah kami menyusun karya tulis ini.
1.2Batasan Masalah
Pada karya tulis ilmiah ini kami membahas banyak hal tentang bunga melati, mulai dari berbagai jenis melati, Sifat dari tanaman melati, manfaat dari tanaman melati .
1.3Tujuan Penulisan
Tujuan dari penyusunan karya tulis ini adalah untuk mengetahui dan melestarikan bunga – bunga dan tumbuhan disekitar lingkungan kita. Dan mengajak pembaca untuk melindungi dan menjaga lingkungan kita.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Daerah Asal dan Persebarannya

Tanaman melati tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia . Nama bunga melati tidak sama untuk setiap wilayah Indonesia.
Melati dibudidayakan pertamakali pada abad XVI. Pada tahun 1629. Melati ditanam di Italia untuk dimanfaatkan bunganya sebagai parfum. Kemudian pada tahun 1665 melati mulai dibudidayakan di Inggris. Jenis Melati yang dibudidayakan adalah melati sambac atau melati putih. Di Indonesia Yang sering kita jumpai adalah jenis melati putih (Jasminum sambac) dan melati Gambir (Jasminum officinale)

2.2 Jenis – Jenis Melati Potensial di Indonesia

Melati gambir disebut juga raja dari segala bunga karena memiliki aroma wangi yang sangat harum dan warna putih bersih saattelah mekar sempurna.
Tanaman melati memiliki banyak varietas jenis dengan karakter tersendiri namun masih dapat digolongkan dalam satu rumpun. Berikut adalah Jenis – jenis melati yang dapat ditemukan di Indonesia

1.Jasminum Sambac (melati putih)
Melati putih sendiri memiliki beberapa varietas yang dapat kita jumpai di Indonesia.
Jasminum Sambac maid of orleans
Jasminum Sambac emprit
Jasminum Sambac kebo
Jasminum Sambac grand duke of tuscany
Jasminum Sambac menur
Jasminum Sambac susun wangi
2.Jasminum officinale (melati gambir)
3.jasminum grandi florum
4.jasminum multi florum
5.jasminum kingianum
6.jasminum mesnyi
7.jasminum aroricum

2.3 Sifat Fisik Bunga Melati Dari Berbagai Sentra Produksi

Bunga melati meskipun masih dalam satu jenis memiliki sifat fisik yang berbeda pada tiap – tiap daerah, hal ini ditunjukkan dengan beragamnya ukuran kuntum bunga melati yang adadi Indonesia.

2.4 Manfaat Tanaman Melati

Seperti halnya jenis tanaman lainnya, malati juga memiliki banyak manfaat yang sangat berguna . Hampir seluruh bagian dari melati dapat digunakan sebagai obat tradisional maupun sebagai hahan obat modern. berikut adalah penjelasan manfaat dari tanaman melati.
1.bunga
Bunga melati memiliki banyak sekali manfaat, dan sering dimanfaatkan sebagai.
a.Menghilangkan rasa nyeri saat haid
b.Mengobati sesak nafas (asma)
c.Membersihkan mata dan penyembuh kuka
d.Obat tetes telinga
e.Obat jerawat
f.Obat Influenza dan demam
g.Sirup melati
2.Daun
Daun melati dpat dimanfaatkan sebagai obat sakit mata, obat sesak nafas, radang ginjal,mengurangi ASI yang berlebihan, sebagai antibakteri, dan untuk pembunuh nematoda pada tumbuhan.

3.Akar
Akar melati dapat dimanfaatkan sebagai obat tidur bagi penderita insomnia, luka memar atau terpukul benda tumpul, keseleo, sebagai painkiller(pembunuh rasa sakit) pada patah tulang dan sakit gigi, pereda sakit kepala (vertigo) dan obat bagi penderita cacingan.

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan

Melati merupakan tanaman perdu yang sering digunakan sebagai tanaman hias karena baunya yang harum. Melati memiliki potensi yang sangat besar karena memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Nama melati sudah tidak asing lagi di telinga warga Indonesia, salah satu melati yang terkenal adalah melati putih.
Selain terkenal karena keindahan dan aroma wanginya, melati juga memiliki manfaat yang sangat banyak seperti halya sebagai bahan kosmetik, sebagai bahan baku parfum, dan sebagai obat tradisional.

3.2Saran
Seperti halnya dijelaskan diatas, bunga melati yang sering kita humpai memiliki banyak manfaat yang tidak kita ketahui, bahkan salah satu jenis melati yang disebut sebagai bunga puspa bangsa. Andaikan saja kita lebih menaruh perhatian pada lingkungan kita, pastilah akan lebih banyak manfaat tanaman lain disekitar kita yang kita ketahui.
Sangat disarankan agar kita senua sebaiknya melakukan tindakan konserfatif pada lingkungan kita, dan tidak merusak alam sekitar kita.