Bumi adalah tempat manusia hidup dan tinggal, tak hanya itu saja, bumi juga menyediakan O2 (Oksigen) secara gratis ataupun cuma-cuma. O2 itu hanya terdapat dibumi ini saja. O2 itu dihasilkan dalam proses fotosintesis pada tumbuhan hijau, sehingga O2 yang paling banyak terdapat pada hutan yang masih lebat. Berarti semakin banyak tumbuhan maka akan semakin banyak O2 yang dihasilkan, tetapi akhir-akhir ini hutan mulai menyempit karena banyaknya illegal loging besar besaran tanpa adanya pengendalian atau panyeimbangan dengan cara penanaman kembali atau yang biasanya disebut Reboisasi.
Menurut refensi yang saya ambil dari id.wikipedia.org/wiki/pembalakan _liar, menyebutkan bahwa “Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai hutan yang menjadi penyupai O2 terbesar dibumi karena luas wilayah hutan lebih dari 1.235.000 hektare. Tetapi lama-lama illegal loging dan pembukaan lahan baru kelapa sawit mulai mengurangi luas wilayah negara hutan sekitar 24% wilayah hutan lindung. Yang mencengangkan adalah pelaku illegal loging itu sendiri adalah para petinggi Negara khususnya yang mempunyai wewenang dalam hal dan wilayah tersebut, sehingga mereka bisa berpesta, tak jarang dari mereka memiliki pangkat Jendral, kalau hal ini terjadi terus-menerus maka O2 sebagai kebutuhan utama manusia akan makin berkurang. Dan mungkin saja beberapa tahun kedepan O2 dapat dikomersilkan alias dijual beli setiap hirupanya, karena begitu pentingnya bagi tubuh manusia seharusnya mereka juga tahu hal tersebut karena dampak yang ditimbulkan tidak mudah untuk penanggulangannya. Tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga

Negara-negara diseluruh dunia demi menjamin kehidupan anak-anak kita nanti. Jika persediaan O2 semakin menipis dapat mempengaruhi suhu dipermukaan bumi (Global warming), dan dapat menimbulkan kerusakan pada ekosistem pada tumbuhan dan hewan bawah air, karena kenaikan suhu yang melebihi daya tahan tubuh mereka. Bahkan yang peling membahayakan lagi adalah kerusakan pada lapisan O3(Ozon) bisa mengalami kebocoran karena meningkatnya gas Carbondioksida(CO2) dan tidak adanya penyerapan atau penetralan dari tumbuhan hijau yang habis karena illgal loging. Ada suatu pertanyaan yang harus dijawab para pelaku illegal loging dengan hati nurani mereka ?
Apakah para pelaku illegal loging tersebut tidak mengetahui betapa pentingnya O2 (Oksigen) bagi diri mereka sendiri ?
Apakah mereka tidak memikirkan bagimana nasip para anak cucu mareka jika O2(Oksigen) mulai menipis ?

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya negara-negara didunia segera melakukan tindakan keras untuk mencegahnya yaitu dengan melakukan pencekalan pada bandar atau pelaku utama tanpa adanya perbedaan walaupun dia seorang pemimpin suatu negara. Karena dampak yang ditimbulkan sangat besar dan berpengaruh pada kehidupan manusia dimasa depan dan keseimbangan ekosistem alam serta makhluk yang hidup dipermukaannya. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan kesadaran kita sendiri, bisa dimulai dengan hal yang paling kecil, misalnya menanami kebun atau tanah di depan rumah kita dengan pohon yang cepat besar, seperti pohon kersen.