ola Voli
“Meraih untung dengan bermain”. Kalimat sederhana ini tentunya merupakan salah satu kalimat yang sangat menggiurkan bagi setiap orang yang membacanya. Jika hanya dengan bermain saja sudah dapat meraih keuntungan, tentunya tidak akan ada orang yang akan menolak permainan tersebut. Bahkan, mereka akan mencari-cari permainan tersebut. Sebenarnya, banyak sekali jenis permainan yang dapat memberikan keuntungan. Salah satunya adalah permainan bola voli. Jenis permainan tersebut hadir dalam bentuk olahraga fisik. Beberapa keuntungan yang dapat diperolah melalui permainan bola voli ini berupa kesehatan dan materi. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa kesehatan merupakan salah satu aset yang paling berharga bagi manusia. Salah satu usaha terbaik yang dapat kita lakukan untuk menjaga aset yang paling berharga tersebut adalah dengan cara berolahraga. Dan salah satu olahraga yang sangat menyenangkan, serta dapat menjadi pilihan adalah olahraga permainan bola voli.

Dengan masuknya olahraga permainan bola voli ke dalam daftar cabang olah raga nasional dan internasional, maka olahraga permainan inipun tidak hanya memberikan keuntungan dalam bentuk kesehatan saja. Dengan diadakannya kejuaraan-kejuaraan atau olimpiade bola voli tingkat nasional dan internasional, tentunya akan menghasilkan pendapatan bagi mereka yang benar-benar berkonsentrasi pada olahraga permainan ini. Bahkan, selain untuk bermain atau sekedar berolah raga, bermain bola voli-pun akhirnya dapat pula menjadi sebuah profesi.

Permainan bola voli adalah suatu olahraga yang turut meramaikan dunia olahraga. Permainan bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang telah cukup lama memperkaya perbendaharaan cabang olahraga di dunia. Olahraga permainan bola voli ini telah berhasil merebut hati para penggemar olahraga maupun para pecinta olahraga yang hanya hobi menonton permainannya. Secara sederhana, permainan bola voli dapat didefinisikan sebagai salah satu cabang olahraga permainan, yang dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan, yang dipisahkan atau dibatasi oleh net yang cukup tinggi. Permainan dilakukan di dalam sebuah lapangan yang berbentuk persegi panjang. Kedua tim memiliki kesempatan untuk dapat memukul atau menyentuh bola maksimal sebanyak tiga kali, sebelum akhirnya bola tersebut harus dioper ke wilayah lawan.

Olahraga permainan bola voli ini merupakan salah satu cabang olahraga yang memiliki cakupan universal. Artinya, cabang olahraga permainan ini telah menyebar ke pelosok-pelosok perkampungan. Dan olahraga ini juga dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan. Biaya yang dibutuhkan untuk olahraga inipun tidak terlalu mahal, karena pada dasarnya hanya membutuhkan bola voli, net beserta tiangnya, dan tempat (lapangan). Karena satu tim bola voli terdiri dari enam orang, maka biaya-biaya untuk perlengkapan tersebut tidak akan terlalu besar. Biaya perlengkapan tersebut dapat ditanggung secara bersama-sama.
Lapangan permainan
Ukuran lapangan bola voli
Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah berukuran 9 meter x 18 meter. Ukuran tinggi net putra 2.43 meter dan untuk net putri 2.24 meter. Garis batas penyerangan untuk pemain belakang, jarak 3 meter dari garis tengah ( sejajar dengan net ). Untuk ukuran garis tepi lapangan adalah 5 cm

Cara permainan
Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 orang pemain dan berlomba-lomba mencapai angka 25 terlebih dahulu.


Dalam sebuah tim, terdapat 4 peran penting, yaitu Tosser (atau setter), spiker (tukang smash), libero, dan defender (pemain bertahan). Tosser atau pengumpan adalah orang yang bertugas untuk mengumpankan bola kepada rekan-rekannya dan mengatur jalannya permainan. Spiker bertugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan. Libero adalah pemain bertahan yang bisa bebas keluar dan masuk tetapi tidak boleh mensmash bola ke seberang net. Defender adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan.
Untuk bermain bola voli tidak menuntut kemampuan fisik yang tinggi, yang diperlukan hanyalah semangat untuk mau mengejar bola kemanapun jatuhnya :p. perlahan-lahan teknik yang diperlukan untuk bermain voli itu akan tumbuh dengan sendirinya.
Justru ada satu hal yang mungkin dilupakan oleh banyak orang, yaitu bahwa bermain voli juga menuntut kemampuan otak yang prima, terutama tosser. Tosser harus dapat mengatur jalannya permainan. Tosser harus memutuskan apa yang harus dia perbuat dengan bola yang dia dapat, dan semuanya itu dilakukan dalam sepersekian detik sebelum bola jatuh ke lapangan sepanjang permainan.
Jadi hanya orang bodoh yang mengatakan bahwa yang penting dalam bermain voli adalah lompatan yang tinggi, passing yang bagus, dan pukulan yang keras. Tanpa otak maupun kemauan yang cukup mustahil semua itu bisa tercapai.

Sejarah
Pada tahun 1895, William C. Morgan, seorang direktur YMCA di Holyke, Massachusetts, menemukan sebuah permainan bernama mintonette dalam usahanya memenuhi keinginan para pengusaha lokal yang menganggap permainan bola basket terlalu menghabiskan tenaga dan kurang menyenangkan. Permainan ini cepat menarik perhatian karena hanya membutuhkan sedikit ketrampilan dasar, mudah dikuasai dalam jangka waktu latihan yang singkat, dan dapat dilakukan oleh pemain dengan berbagai tingkat kebugaran. Permainan aslinya dahulu menggunakan bola yang terbuat dari karet bagian dalam bola basket. Peraturan awalnya membebaskan berapa pun jumlah pemain dalam satu tim. Pada tahun 1896 nama permainan ini diubah oleh Alfred T. Halstead, yang setelah menyaksikan permainan ini, menganggap bahwa bola voli lebihsesuai menjadi nama permainan ini mengingat ciri permainan ini yang dimainkan dengan melambungkan bola sebelum bola tersebut menyentuh tanah (volleying).

Teknik Bola Voli
Service
Service ada beberapa macam: 1 Service atas. Adalah service dengan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya. Kemudian Server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas.
2 Service bawah. Adalah service dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola. tangan yang memukulbola beriap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah.
3 Service mengapung. Adalah service atas dengan awalan dan cara memukulyang hampir sama. awalan service mengapung adalah melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi ( tidak terlalu tinggi dari kepala ). Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek.
yang perlu diperhatikan dalam service
Sikap badan dan pandangan
Lambung keatas harus sesuai dengan kebutuhan.
Saat kapan harus memukul Bola.
Service dilakukan untuk mengawali suatu pertandingan voli
Passing
Passing Bawah ( Pukulan/penganmbilan tangan kebawah )
Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk.
tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan.
Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola.
Passing Keatas ( Pukulan/penganmbilan tangan keatas )
Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk.
Badan sedikit condong kemuka, siku ditekuk jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola.
Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga.
Penyentuhan pada semua jari2 dan gerakannya meluruskan kedua tangan
Smash (spike)
Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada diatas jaring, untuk dimasukkan ke daerah lawan. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan faktor-faktor berikut: awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan.
Membendung (Bloking)
Dengan daya upaya di dekat jaring untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawan. Sikap memblok yang benar adalah:
a.Jongkok, bersiap untuk melompat.
b.Lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas.
c.Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir dan memberi kesempatan pada kawan satu regu untuk bergantian memblok.
Kedudukan Pemain (Posisi Pemain)
Pada waktu service kedua regu harus berada dalam lapangan / didaerahnya masing-masing dalam 2 deret kesamping. Tiga deret ada di depan dan tiga deret ada di belakang. Pemain nomor satu dinamakan server, pemain kedua dinamakan spiker, pemain ketiga dinamakan set upper atau tosser,pemain nomor empat dinamakan blocker, pemain nomor lima dan enam dinamakan libero

Bola Voli dan Atletik Tambah Emas di POM ASEAN
Jum’at, 19 Desember 2008 | 08:59 WIB
TEMPO Interaktif, Kuala Lumpur: Kubu Indonesia mendapat dua emas tambahan dari cabang bola voli dan atletik pada Pekan Olahraga Mahasiswa ASEAN yang berlangsung di beberapa lokasi di Malaysia, Kamis (18/12) malam.

Trianingsih menyumbangkan emas dari cabang atletik setelah muncul menjadi yang terbaik pada nomor lari 1.500 meter putri dengan torehan waktu 4:36,66 menit. Ia menyingkirkan dua lawannya Ganthi Mathi Kumarasami (Malaysia) dan Thi Trang Vuanthi (Vietnam).

Satu emas lagi diperoleh regu bola voli putra melalui perjuangan berat yang akhirnya berhasil menundukkan regu Thailand, 3-2, dengan skor 18-25, 25-21, 25-22, 16-25, 21-19 di MBSA Hall Section 4, Shah Alam, Selangor.

Tambahan dua emas ini masih belum mampu menggeser Thailand yang berada di posisi ketiga. Namun harapan meraup emas tambahan masih terbuka lewat beberapa cabang unggulan lain seperti bulutangkis dan pencak silat.

Indonesia kini menempati posisi keempat hingga Jumat (19/12) pukul 08.30 WIB dengan perolehan 22 emas, 36 perak, dan 30 perunggu. Di posisi pertama dikuasai kontingen tuan rumah Malaysia dengan 54 emas, 52 perak, 39 perunggu.

Kejuaraan voli Pro Liga
Published
by
gauz
on 4/21/2003
in General
.
Sekarang voli ya.
Kejuaraan voli Pro Liga
Tim Artdeco Bank Jabar bandung akhirnya menang di kejuaraan voli pro Liga putri, ade maya (yang cantik itu) dan kawan2 dengan diperkuat senjata 2 chinanya (sebutan untuk 2 pemain impor asal china, Li wen yang memiliki tinggi 183cm dan He Shan) terlalu kuat buat Gresik Phonska Petrokimia, Cuma diperlukan tiga set bagi Veronika dan kawan-kawan untuk menghentikan lawannya itu dengan skor 25-18 25-17 dan 25-13.
Kemenangan tim Art Deco ini dilengkapi dengan terpilihnya tiga pemain, yaitu kapten tim Veronika sebagai tosser terbaik, Li Wen sebagai spiker terbaik dan top scorer, serta He Shan terpilih sebagai “Most Valuable Player (MVP)”. Gelar lainnya, server terbaik diraih Puspita Dewi Rani (Jakarta BNI Phinisi). Blocker terbaik diraih Sentya Angelita (Grespho). Libero terbaik diraih Anna Yohana Hunila (Jakarta BNI Phinisi).
Sedangkan di kelompok putra, tim Phinisi berhasil menyudahi perlawanan ketat Surabaya Flame pd 5 set yg ketat. Mereka sempat memenangkan dua set pertama dengan 25-23 dan 25-20, namun mampu disamakan menjadi 2-2 dengan skor 20-25 dan 22-25. Di set penentuan Phinisi unggul 19-17.

Lagi, Tectona Mundur dari Proliga
Selasa, 16 Desember 2008 – 16:36 wib

BANDUNG – Masalah finansial yang dialami Tectona tak hanya berimbas pada kesiapan tim yang serba terburu-buru di ajang Livoli 2008. Tectona pun dipastikan menarik diri dari ajang Proliga 2009 yang dijadwalkan mulai digelar 9 Januari nanti, baik di sektor putra maupun putri.
“Memang cukup disayangkan, sebab secara materi pemain sebenarnya kami memiliki modal lebih dari cukup. Persentase tampil di Proliga tak lebih dari 20%. Mungkin akan beda ceritanya jika ada sponsor yang bersedia memenuhi kebutuhan dana,” ucap pelatih putra Tectona, Agus Irawan di GOR Padjajaran, Bandung, Selasa (16/12/2008).
Mundurnya Tectona dari Proliga ditegaskan Ketua klub, Dadi Saridji. Padahal awal 2008 lalu, Dadi sempat berujar Tectona akan kembali meramaikan Proliga karena ada perusahaan yang menyatakan bersedia menopang kebutuhan anggaran.
“Awalnya ada perusahaan yang sudah menyatakan kesiapan dan bersedia menjadi penyandang dana. Tapi dalam perkembanganya mereka memutuskan menarik diri. Saya tidak tahu alasan utama mereka mundur sebagai sponsor,” jelas Dadi.
Seperti musim sebelumnya, Dadi menyatakan akan tetap memasok dan menyalurkan bakat-bakat pemain binaan seperti Bryan dan Novriali Yami ke klub peserta Proliga.
“Hanya dengan cara ini kami membantu para pemain untuk menyalurkan keinginan mereka tampil di Proliga. Kebetulan seperti tahun-tahun sebelumnya beberapa klub sudah resmi mengajukan peminjaman pemain,” tandas Dadi.

Proliga
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Proliga adalah kompetisi bola voli profesional tahunan di Indonesia. Proliga pertama kali dilaksanakan pada tahun 2002 tepatnya dari tanggal 1 Februari sampai dengan 7 April 2002 dan digelar di lima kota yaitu: Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta dan Gresik. Dengan partai finalnya akan dilaksanakan di Jakarta, tepatnya Istora Gelora Bung Karno di kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno.
Peluncuran Proliga merupakan hasil terobosan Ibu Rita Subowo yang waktu itu menjabat sebagai Ketua Umum PP PBVSI. Beliau melihat adanya kemunduran bolavoli baik dari segi pembinaan, kompetisi, maupun prestasi, untuk itu perlu adanya kompetisi yang lebih profesional.
Melalui Kompetisi Bolavoli Profesional PROLIGA, Ibu Rita berharap popularitas bola voli yang semakin menurun di masyarakat akan menjadi bergairah kembali.
Tim putra yang menjadi juara Proliga 2008 adalah Jakarta P2B Sananta setelah berhasil mengalahkan Jakarta BNI Taplus 3-1 (25-17, 25-20, 15-25, 25-20). Sementara tim putri yang menjadi juara Proliga 2008 adalah Surabaya Bank Jatim setelah berhasil mengalahkan Jakarta Electric PLN 3-0 (25-9, 25-19, 27-25). Bagi Jakarta P2B Sananta inilah gelar Proliga pertama mereka, sementara Surabaya Bank Jatim berhasil mempertahankan gelar yang diperolehnya pada tahun 2007.

Sedikit Tentang Bola Voli
Diterbitkan Desember 3, 2006 Sports

Bola voli, yang dinaungi oleh FIVB (Federation Internationale De Volley-Ball) yang berdiri pada tahun 1947 dan pertama kali dipertandingkan di tingkat dunia pada tahun 1949 di Praha, Cekoslovakia adalah salah satu dari empat cabang olahraga yang cukup digemari di Indonesia (Selain Bulutangkis, Sepakbola, dan Basket). Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 orang pemain dan berlomba-lomba mencapai angka 25 terlebih dahulu.
Dalam sebuah tim, terdapat 4 peran penting, yaitu Tosser (atau setter), spiker (tukang smash), libero, dan defender (pemain bertahan). Tosser atau pengumpan adalah orang yang bertugas untuk mengumpankan bola kepada rekan-rekannya dan mengatur jalannya permainan. Spiker bertugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan. Libero adalah pemain bertahan yang bisa bebas keluar dan masuk tetapi tidak boleh mensmash bola ke seberang net. Defender adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan.
Untuk bermain bola voli tidak menuntut kemampuan fisik yang tinggi, yang diperlukan hanyalah semangat untuk mau mengejar bola kemanapun jatuhnya :p. perlahan-lahan teknik yang diperlukan untuk bermain voli itu akan tumbuh dengan sendirinya.
Justru ada satu hal yang mungkin dilupakan oleh banyak orang, yaitu bahwa bermain voli juga menuntut kemampuan otak yang prima, terutama tosser. Tosser harus dapat mengatur jalannya permainan. Tosser harus memutuskan apa yang harus dia perbuat dengan bola yang dia dapat, dan semuanya itu dilakukan dalam sepersekian detik sebelum bola jatuh ke lapangan sepanjang permainan.
Jadi hanya orang bodoh yang mengatakan bahwa yang penting dalam bermain voli adalah lompatan yang tinggi, passing yang bagus, dan pukulan yang keras. Tanpa otak maupun kemauan yang cukup mustahil semua itu bisa tercapai

Tectona Targetkan Juara Voli Livoli 2008
/
Artikel Terkait:
Gagal di Putri, Bank Sumsel Sabet Gelar Putra
Jumlah Peserta Voli Livoli Bertambah
Jumat, 12 Desember 2008 | 17:58 WIB
BANDUNG, JUMAT — Tim bola voli putra Tectona Bandung mengincar gelar juara Sampoerna Hijau Voli Livoli 2008 Divisi Utama. Mereka bertekad menjadi yang terbaik pada kompetisi yang akan digelar di GOR Padjadjaran Bandung, 14-21 Desember.
“Tahun ini Tectona ingin peringkat terbaik, yaitu menjadi juara Livoli 2008,” kata Manajer Tectona, Dadi Sariji, Jumat (12/12).
Menurutnya, baik tim putra maupun putri akan memanfaatkan posisi sebagai tuan rumah karena sudah pasti pasukannya mendapat dukungan penuh dari suporter Bandung.
Tim putra dan putri Tectona pada Livoli tahun lalu bertengger di peringkat tiga dan empat.
“Kans di bagian putra cukup terbuka. Sebagai pemilik klub, saya rasa juara tahun ini sangat realistis,” kata Dadi yang juga Ketua Harian Pengda PBVSI Jawa Barat.
Sebanyak 16 tim bola voli, masing-masing delapan tim putra dan putri akan tampil pada even tersebut.
Delapan tim putra itu adalah Yuso Gunadharma Yogyakarta, P2B Jakarta, Tectona Bandung, Mars Probolinggo, Indomaret Sidoarjo, PLN Jakarta, PDAM Sidoarjo, dan Tirta Dewata Bali.
Sedangkan delapan tim putri adalah Mabes TNI, PLN Jakarta, Popsivo Jakarta, Tectona Bandung, Prayoga, Yuso Gunadarma, Bank Jatim, dan Bahana.
Duel Livoli 2008 Divisi Utama dengan hadiah total Rp 76 juta itu akan menjadi pertaruhan bagi tim peserta untuk memastikan diri bertahan di divisi utama. Pasalnya dua tim putra dan dua tim putri yang menempati peringkat dua terbawah dipastikan terdegradasi.
Sementara itu, dua tim putra yang promosi untuk masuk divisi utama Livoli 2008 adalah Mabes TNI AU dan Mabes TNI AD, sedangkan dua tim putri adalah Mabes TNI AU dan SKR Sigap Jakarta.
Tim Voli Indonesia Dipecundangi Vietnam
Minggu, 14 Desember 2008 | 01:03 WIB
Kuala Lumpur, Kompas – Tim bola voli putri Indonesia bermain buruk dan dipecundangi Vietnam dalam tiga game, 11-25, 22-25, 15-25, pada laga perdana Pekan Olahraga Mahasiswa ASEAN XIV di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (13/12). Indonesia masih berpeluang merebut medali emas jika memenangi tiga laga berikutnya.
Secara teknik, permainan Indonesia tidak kalah dari Vietnam. Banyaknya kesalahan yang dibuat sendiri dan tidak akuratnya penempatan bola memberikan keuntungan bagi lawan. Pemain Indonesia hanya sanggup memimpin di setiap awal game, sebelum disamakan dan ditinggal Vietnam yang pemainnya unggul dalam smes dan blocking. Indonesia yang diperkuat pemain senior Ina Mayrina menyerah 0-3.
Pelatih tim voli Indonesia, Viktor, mengatakan, pemainnya belum menampilkan permainan terbaik pada laga perdana itu. ”Pemain kami kurang jam terbang sehingga agak grogi. Secara teknik, mereka seharusnya tidak kalah dari Vietnam,” kata Viktor.
Untuk menghidupkan peluang, Indonesia harus menang melawan Thailand, Singapura, dan tuan rumah Malaysia. Dua tim peringkat teratas akan berhadapan di final untuk memperebutkan medali emas.
Sementara itu, tim basket putra Indonesia kembali membuka peluang untuk meraih medali emas. Indonesia, yang pada laga pertama dikalahkan Thailand, bisa bangkit dengan menaklukkan Singapura, 74-49, di Stadion MABA Arena di Kuala Lumpur.
Dengan kemenangan ini, Indonesia mengoleksi nilai tiga atau sama dengan Malaysia. Posisi teratas dihuni Thailand dengan nilai enam. Indonesia berpeluang menyusul Thailand jika sanggup mengalahkan Malaysia.
Sukses tim basket juga diikuti kesebelasan Indonesia yang membekuk Vietnam, 2-0, pada Jumat malam. Dua gol Indonesia dicetak striker Dede Hugo dan Harmoko di babak pertama.
Pelatih Aji Santoso mengatakan, pemainnya tidak dalam kondisi terbaik. ”Strategi yang saya inginkan tidak berjalan. Akan tetapi, hasil 2-0 cukup bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka,” ujar Aji. (Gatot Widakdo, dari Kuala Lumpur)
Sabtu, 20-12-2008

P2B Bertemu Yuso di Semifinal

Setelah bersusah payah, tim putra P2B Sananta Jakarta akhirnya lolos ke semifinal Sampoerna Hijau Voli Livoli 2008 Divisi Utama setelah mengalahkan Tirta Dewata Bali melalui pertandingan ketat 3-2 di GOR Padjadjaran Kota Bandung, Jumat malam. Selanjutnya…
BERITA VOLI
Petrogres Relakan Dua Pilarnya Untuk Bank Jatim
Klub bola voli Petrokimia Gresik tidak keberatan melepas dua pemain pilarnya Dhini Indah Sari dan Wenny Evitasari, bergabung dengan tim tetangga Surabaya Bank Jatim.
McCutcheon Tangani Tim Voli Putri AS
Hugh McCutcheon, pelatih yang membawa tim putera AS meraih medali emas di Olimpiade, kini melatih tim puteri negara itu.
PLN Vs Popsivo Buat Sejarah Pertandingan Terlama
Pertandingan kejurnas liga bola voli (Livoli) 2008 antara tim putri Jakarta PLN versus Popsivo Polwan mencetak sejarah sebagai game terlama di babak penyisihan dan berlangsung hingga dini hari.
Tectona Target Juara di Livoli 2008
Tim bola voli putra Tectona Bandung mengincar gelar juara Sampoerna Hijau Livoli 2008 Divisi Utama yang akan digelar di GOR Padjadjaran Kota Bandung, 14-21 Desember 2008.
Bank Sumsel Putra Juara
Tim putra Bank Sumsel mengobati kekecewaan akibat gagalnya tim putri meraih gelar juara, dengan memenangi partai final putra dalam turnamen Sampoerna Hijau Voli Livoli Divisi I.

23/02/2008 07:43 – Voli
Voli Proliga Kembali Digelar
Liputan6.com, Malang: Kompetisi bola voli profesional Proliga 2008 dibuka di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (22/2), dengan mempertemukan tim putri Jakarta Electric PLN dan Gresik Petrokimia. Laga pembuka berikutnya diisi tim putra Jakarta BNI Taplus dengan tim Bantul Yuso Tomkins.
Pada set pertama, Jakarta Electric PLN yang diperkuat oleh mantan pemain nasional Siti Nurjanah harus mengakui keunggulan Gresik Petrokimia 28-30. Namun di set berikutnya, Jakarta Electric PLN berhasil membalikkan keadaan dan menang 25-14, 25-21, dan 25-20.
Sementara Bantul Yuso mampu memenangkan dua set awal dengan skor 29-27 dan 25-15. Namun Loudry Maspaitella dan kawan-kawan merebut set ketiga dan keempat. Di set lima, Bantul Yuso yang dimotori pemain Senior M. Zainudin tampil konsisten dan memang dengan angka 15-12.(YNI/Tim Liputan 6 SCTV)

Sampoerna Hijau Voli Livoli Divisi Utama
Laga Makin Panas

Babak knock out dimulai. Sampoerna Hijau Voli Livoli Divisi Utama di GOR Padjajaran Bandung pun semakin memanas. Tak ada lagi ampun. Kalah berarti impian juara kandas. Menang, peluang menuju final, Minggu (21/12), makin terbuka.

“Tantangan makin besar karena setiap tim akan berusaha mati-matian merebut tiket semifinal,” papar pelatih P2B Sananta, Benny Martarius, yang berhasil menjadi juara pool B putra.

Menurut Benny, kesempatan ke semifinal tak akan mudah diraih. Saling intip kekuatan sudah dilakukan pada putaran pertama dan tim bisa melakukan perubahan strategi.

“Kini yang menjadi penentu adalah kesiapan pemain di lapangan. Jika mampu mempertahankan kebugaran pasti bisa memenangi pertandingan,” jelas Benny, yang akan menghadapi Tirta Dewata di putaran dua.

Nada pesimistis terlontar dari kubu Tectona, yang harus berhadapan dengan Bantul Yuso Tomkins sebagai juara bertahan. Tenaga muda Yuso diprediksi akan merepotkan Rastoni cs.

“Kans Tectona berat untuk mengalahkan Yuso, terutama fisik yang menjadi kendala,” papar Dadi Saridji, manajer Tectona.

Namun, kubu Yuso tetap memperhitungkan kekuatan Tectona, yang bermaterikan pemain berpengalaman. Pasalnya penampilan pemain muda tidak selalu stabil.

“Kami tak pernah memandang remeh lawan. Jika kalah, hasil di putaran pertama akan sia-sia,” sebut pelatih Yuso, Putu Marhaento.

Lepaskan Beban

Tekad untuk menembus semi final ternyata tak hanya milik klub favorit putri. PLN dan Mabes TNI, yang menjadi juara grup, akan mendapat perlawanan keras dari tim yang berada di bawahnya.

“Saya tak mau membebani pemain untuk merebut tiket ke semifinal. Biarkan pemain melepaskan beban sehingga bisa mengeluarkan seluruh kemampuannya di lapangan,” sebut Salman, pelatih Bahana Bina Pakuan.

“Tantangan dari pemain muda yang bermain lepas dan punya fisik bagus bisa menjadi senjata mematikan,” ungkap pelatih PLN, Edi Setiadi.

Atmosfer persaingan merebut tiket ke semifinal akan membakar GOR Padjajaran. Strategi dan kesempurnaan permainanlah yang akan menentukan siapa yang berhak melenggang ke babak semifinal. (Teguh Nurtanto)

Tantangan Sang Juara

Tantangan untuk mempertahankan gelar juara Livoli bagi putri Mabes TNI tampaknya kini terasa semakin berat.

Walau berhasil menyapu bersih tiga laga, pelatih Joko Margo menilai kualitas tim asuhannya menurun.

“Sangat berat mempertahankan gelar juara. Di babak pertama saja perjalanan kami sudah limbung,” papar Joko.

Dibandingkan saat menjadi juara Livoli silam, kualitas permainan Mabes TNI sekarang ini tak sampai 75 persen. Padahal, lawan-lawan yang dihadapi punya amunisi yang bagus dengan fisik yang mumpuni. Karena itu tak salah jika Joko tak mau sesumbar bisa kembali mempertahankan gelar.

“Sementara ini target adalah tidak terpeleset di babak kedua dan menyabet tiket ke semifinal,” ujar Joko.

Mabes TNI kehilangan quicker-nya, Chori Puspita, karena sakit.

Bahkan saat pertandingan terakhir babak pertama menghadapi Bantul Yuso Tomkins, Joko terpaksa menurunkan Devota Rahawarin, yang terkena gejala pembengkakan kelenjar di leher, dan Pupun Dina, yang terkena diare.

“Mau bagaimana lagi? Mau tidak mau saya menurunkan pemain terbaik agar bisa mendapatkan posisi terbaik di klasemen,” ucapnya.

Untuk menghadapi babak kedua, Mabes TNI tergantung pada kondisi pemainnya.

Jika pemain yang sedang sakit bisa sembuh dalam waktu yang singkat, kekuatan tim bisa pulih.

“Mudah-mudahan anak-anak bisa kembali bugar agar pada babak yang menentukan tidak tersandung,” ujar Joko.

Juara bertahan bagian putra, Bantul Yuso Tomkins, juga tak mau terlena.

M. Zainuddin dkk. akan menantang tuan rumah Tectona Bandung. Meski didukung sejumlah pemain berumur, Tectona tetap tangguh.

Singa tua macam Uus Susansyah, Oktavian, Rastoni, atau Robbi Meliala tetap tak bisa diremehkan.

“Mereka pemain berpengalaman, Jika lengah kami bisa kalah dan hasil putaran pertama jadi percuma,” kata Putut Marhaento, arsitek Yuso. (tgh)

Voli pantai
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pertandingan voli pantai Beach Volleyball Classic 2007.
Voli pantai adalah variasi dari bola voli, yang dimainkan di atas pasir. Dua tim yang dipisahkan oleh jaring memukul bola voli menggunakan lengan atau tangan. Para pemain berusaha untuk memukul bola melawati atas jaring agar memasuki lantai di daerah lawan, serta harus mencegah bola jatuh di daerah mereka sendiri.
Voli pantai populer sebagai aktivitas rekreasi di tempat-tempat yang memiliki pantai berpasir yang luas, namun sering juga dimainkan di lapangan pasir yang bukan di pantai. Bahkan, olahraga ini populer di beberapa negara yang tidak berbatasan dengan laut, seperti Swiss. Olahraga ini termasuk olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade, dan badan tertingginya adalah Fédération Internationale de Volleyball. Menurut peraturan resmi, voli pantai menggunakan dua orang dalam satu tim.