1. Tabelkan pembeda evaluasi, asesmen/penilaian, dan penelitian berdasarkan batasan, proses, dan hasilnya.

Evaluasi

Assesmen/penilaian

Penelitian/pengukuran

Batasan

  1. Didahului dengan penilaian.
  2. Merupakan penetapan nilai atau implikasi perilaku.
  3. Didahului dengan penelitian/pengukuran.
  4. Kegiatan menafsirkan dan mendeskripsikan hasil pengukuran.
  5. Awal kegiatan pembelajaran.
  6. Diartikan sebagai kegiatan membandingkan hasil pengamatan dengan kriteria.

Proses

Kegiatan pemilihan, pengumpulan, analisis, dan penyajian informasi yang dapa digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan serta penyusunan program selanjutnya.

Menyediakan informasi tentang individu siswa, kurikulum/program, institusi atau segala yang berkaitan dengan sistem institusi.

Dinyatakan sebagai proses angka terhadap individu atau karakteristiknya menurut aturan tertentu.

Hasil

Evaluasi adalah untuk mengetahui seberapa keberhasilan yang telah dicapai dalam melakukan sesuatu (pembelajaran)

Penilaiana dalah kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh dan mengefektifkan informasi tentang hasil dari suatu pencapaian sesuatu.

Penelitian dilakukan untuk mengetahui hasil akhir yang pada nantinya dijadikan suatu acuan.

  1. Tabelkan unsur pembeda antara pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan ditinjau dari batasan, tujuan, dan pemanfaatan sumber-sumber belajarnya.
Pendidikan Pembelajaran Pelatihan
Batasan
  1. Proses Transformasi Budaya
  2. Proses Pembentukan Pribadi
  3. Proses Penyiapan Warganegara
  4. Penyiapan Tenaga Kerja
  5. Pendidikan menurut GBHN
Tujuan Memberikan arah kepada segenap kegiatan pendidikan dan merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh segenap kegiatan pendidikan
Sumber Belajar
  1. Tabelkan pembeda dan unsur-unsurnya antara ranah kognitif, psikomotor, dan afektif menurut Bloom sebagai domain hasil belajar.

Ranah Kognitif

Ranah Psikomotor

Ranah Afektif

Pembeda

Berorientasi pada kemampuan berpikir, mencakup kemampuan intelektual hingga problem solving.

Berorientasi pada keterampilan motorik yang berhubungan dengan anggota tubuh, atau tindakan yang memerlukan koordinasi antara syaraf dan otot.

Berhubungan dengan perasaan, emosi, nilai, dan sikap hati yg menunjukkan atau penolakan terhadap sesuatu.

Unsur

  1. Recognition
  2. Comprehension
  3. Application
  4. Analysis
  5. Synthesis
  6. Evaluation
  7. Immitation
  8. Manipulation
  9. Precision
  10. Articulation
  11. Naturalization
    1. Receiving
    2. Responding
    3. Valuing
    4. Organization
    5. Characterization
  1. Tabelkan pembeda antara unsur evaluasi formatif dan sumatif berdasar komponen, instrumen, pelaksana, fungsi, dan sifatnya.

Evaluasi Formatif

Evaluasi Sumatif

Komponen
Instrumen

Pelaksana

Guru di sekolah

  1. Pemerintah (UAN)
  2. Lembaga pendidkan

Fungsi

Ditujukan untuk mengetahui sejauh mana kemajuan belajar yang telah dicapai siswa dalam suatu program pembelajaran tertentu.

Ditujukan untuk mengetahui penguasaan siswa dalam sekumpulan materi pelajaran (pokok bahasan) yang telah dipelajari.

Sifat

  1. Dilaksanakan ketika program masih berlangsung atau masih dekat permulaan.
  2. Informal
    1. Dilakukan ketika program telah berakhir.
    2. Formal
  1. Tabelkan unsur-unsur sebagai objek evaluasi ditinjau dari input, proses, dan out put.

Input

Proses

Out put

  1. Kemampuan
  2. Kepribadian
  3. Sikap
  4. Inteligensi
    1. Kurikulum/materi
    2. Metode
    3. Cara penilaian
    4. Sarana pendidikan/media
    5. Sistem administrasi
    6. Tenaga pendidikan
      1. Tingkat pencapaian belajar.
      2. Prestasi hasil belajar