Sengon merupakan sebuah pohon yang sering kita jumpai pada daerah pegunungan-pegunungan ataupun perbukitan. Pohon sengon memiliki daun yang kecil-kecil, batang yang cenderung berwarna coklat, dan juga memiliki struktur batang dan ranting yang lurus. pohon sengon memiliki banyak manfaat baik batang, ranting, daun, dan bijinya. Sebuah Pohon sengon seringkali tumbuh di tengah-tengah hutan yang struktur tanahnya sedikit datar dan jarang tumbuh pada lereng-lereng.

Untuk melakukan Pembibitan Pohon Sengon tidaklah sulit antara lain :

1. Ambillah biji sengon sesuai dengan kebutuhan

2. Masukkan biji sengon pada sebuah wadah dan isikanlah wadah tersebut dengan air biasah

3. tunggulah 10 menit, setelah itu bersihkan biji sengon seperti cara membersihkan beras.

4. Buanglah air bekas dan kemudian masukkan air bersuhu kurang lebih 65-70 celcius,,,biarkan rendaman tersebut hingga air mulai dingin

5. setelah air dirasa sudah dingin buanglah air tersebut dan tiriskan biji sengon.

6. siapkan lah kantong plastik untuk tempat pembibitan

7. campurkan tanah dengan pupuk kandang dan serbuk gergaji

8. campurkan dengan perbandingan 1:1

9. masukkan campuran tersebut kedalam kantong plastik yang telah disiapkan

10. masukkan biji sengon yang telah ditiriskan tadi kedalam kantong plastik yang sudah berisi campuran tadi, masukkan biji sengon dengan bagian yang lancip berada di bawah, tutuk kembali lubang tersebut dengan serbuk gergaji.

11. siramlah cukup dengan 2 sendok makan air

12. Berilah lubang pada kantong plastik.

13. siramlah 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

14. taruhlah hasil pembibitan di halaman terbuka khususnya yang dapat langsung mendapatkan sinar matahari pagi.

 

 

Manfaat Sengon

pohon sengon merupakan pohon yang memiliki banyak manfaat baik dari batang, ranting, maupun daunya. Secara umum daun sengon sangat bermanfaat untuk menghasilkan oksigen bagi manusia dan juga mencegah terjadinya banjir dan erosi karena hujan, tetapi ternyata tidak itu saja pohon sengon juga memiliki manfaat-manfaat lainya yaitu:

1. untuk batangnya dapat dimanfaatkan sebagai mebel, kerangka rumah, maupun juga kerajinan patung.

2. untuk rantingnya sering digunakan untuk kayu bakar bagi ibu rumah tangga dan juga membantu pembakaran Batu Bata dan Genting.

3. Daun Sengon Sering kali dibuang karena dianggap dapat meracuni ternak tetapi disamping itu daun sengon dapat berguna untuk membantu mempercepat buah-buahan matang. Yaitu dengan membungkus buah dengan daun sengon tersebut, cara tersebut lebih alami dari pada menggunakan Asetilin/Karbit