Apa itu  kontak pemutus???

Kontak pemutus merupakan sebuah alat atau komponen yang sangat penting dalam sistem pengapian konvensional, dalam sistem pengapian konvensional kontak pemutus berfungsi untuk menyambung dan memutuskan tegangan primer dari koil untuk menghasilkan induksi diri dalam kumparan sekunder dalam koil. Karena kontak pemutus bekerja terus menerus sesuai dengan putaran mesin maka kontak pemutus haruslah sangat baik dari segi tingkat konduktifitas, kuat terhadap panas yang ditimbulkan dari gerakan/loncatan arus listrik dan juga tahan terhadap korosi atau karat. Untuk memenuhi semua kriteria tersebut maka kontak pemutus dibuat dari senyawa  platina.

Platina merupakan sebuah senyawa logam yang memiliki tingkat konduktifitas yang sangat tinggi, dan juga memiliki sifat anti korosi/karat, karena itu senyawa platina sering sekali digunakan untuk penghantar aliran listrik bahkan juga dalam ilmu kedokteran sering digunakan untuk menyambungkan tulang yang patah. Karena senyawa platina sangatlah mahal maka untuk mengefisienkan sebuah kontak pemutus tidak terbuat hanya dari senyawa platina melainkan dari pencampuran antara senyawa ferro dan platina.

Kontak pemutus bekerja sesuai dengan kecepatan gerak Cam Shaft karena poros yang menggerakkan kontak pemutus terhubung dengan Cam Shaft. Untuk gerakan membuka dan menutupnya kontak pemutus digerakakan oleh tonjolan/nok pada poros penggerak rotor distributor. Karen karbon kontak pemutus langsung bersinggungan dengan poros penggerak maka secara otomatis ketika karbon tesebut bersinggungan pada bagian nok pada poros penggerak maka kontak pemutus akan membuka sesuai sudut yang telah ditentukan. Banyaknya Gerakan membuka dan menutupnya sebuah kontak pemutus ditentukan banyaknya nok yang berada pada poros penggerak yang juga berasal dari banyaknya silinder yang inggin dilayani oleh distri butor.  Sebuah kontak pememutus haruslah diganti pada 25.000 km.

Kondensator

Dalam pemasangan sebuah kontak pemutus seringkali disertakan (disambung sesara paralel) dengan kondensator. kondensator merupakan sebuah komponen yang digunakan untuk menyimpan sementara tegangan dan juga mencegah terjadinya percikan api yang ditimbulkan disaat mulai membuka dan menutupnya celah platina(kontak pemutus).