Busi merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan khususnya pada kendaraan bermotor bensin . Busi memiliki 2 jenis yaitu antara lain :

1. Busi Pemercik api  (spark plug)

Busi Pemercik Api merupakan jenis busi yang digunakan pada mesin kendaraan bermotor bensin, busi ini digunakan untuk memicu terjadinya proses expansi disaat akhir langkah kompresi. karena motor bensin hanya menghasilkan kompresi yang kecil maka untuk membantu menyalakan pembakaran dengan menggunakan busi pemercik sebagai pemicu proses expansi sehingga  busi pemercik merupakan salah satu komponen terpenting pada motor bensin. kualitas busi pemercik juga sangatlah mempengaruhi tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar dan besar efisensi daya indikator yang dihasilkan motor bensin.

2. Busi pemanas mula (glowplug )

Busi pemanas mula  hanya digunakan pada motor berbahan bakar solar (diesel) 4 tak. Busi pemanas mula ini berfungsi untuk memanaskan/ menaikkan suhu didalam  ruang bakar disaat mesin masih dalam keadaan  dingin. Busi pemanas ini sering juga disebut sebagai busi pijar, busi pemanas mula ini lebih sering dipasang pada mesin diesel tipe indirect. Motor diesel bertipe indirect memiliki pertambahan volume yaitu sengan ditambahnya kamar muka/pusar dikepala silinder.

Busi pemanas mula ini memiliki dua jenis yaitu adalah :

1. Jenis kawat yaitu busi pemanas mula yang ujung pemanasnya berbentuk lilitan kawat, untuk jenis busi pemanas mula ini rangkaian nya masih dipasang secara seri 8 Amper sehingga apa bila terjadi kerusakan pada salah satu busi pemanas mula maka yang lain juga tidak dapat bekerja.

2. jenis Batang yaitu busi pemanas mula yang ujung pemanasnya berbentuk batang dan menggunakan rangkaian paralel sehingga apabila salah satu busi pemanas mula terjadi gangguan maka yang lain masih berfungsi dengan baik.